Press Release - 19 April 2022

PT Bara Energi Lestari, Sang Pioneer

PT Bara Energi Lestari (BEL) merupakan perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kabupaten Nagan Raya. Perusahaan ini pertama kali berproduksi pada Maret 2008 dengan mengirimkan batubara ke PLTU Energi Alamraya Semesta (EAS) yang juga berada Desa Kuta Makmue, Kecamatan Kuala, Nagan Raya.

Menyusul berproduksinya PT BEL, maka untuk pertama kalinya, Aceh menjadi daerah penghasil batubara, tepatnya di Nagan Raya. Untuk pertama kalinya pula, industri pertambangan mineral dan batubara menunjukkan eksistensinya di Aceh.

Meski tidak dalam skala besar, namun Nagan Raya dapat berbangga hati. Dalam usianya yang masih muda, ia sudah menjadi daerah penghasil batu bara pertama di Aceh dengan langsung digunakan sebagaipembangkit listrik pertama yang menggunakan batu bara di Bumi Serambi Mekkah.

Dalam lima tahun perjalanannya bersanding dengan masyarakat Nagan Raya, khususnya di Gampong Alue Buloh, Krueng Mangkom, Kuta Aceh, Paya Udeung dan Krueng Ceuko, yang merupakan daerah kawasan tambang Bara Energi Lestari, berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

PT BEL selalu berupaya memberdayakan potensi daerah dalam menjalankan industri pertambangannya. Penyerapan tenaga kerja lokal menjadi prioritas perusahaan pertambangan ini, dengan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara bertahap.

Media Relation PT BEL Handi Andrian saat mengunjungi pengajian anak-anak di Kuta Aceh, beberapa waktu yang lalu mengungkapkan, terdapat berbagai program yang dijalankan PT BEL dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat. Seperti pemberian beasiswa tingkat SMP dan SMU, beasiswa mengaji, pemberian makanan tambahan dalam menggalakkan program Posyandu dan masih banyak lagi lainnya.

"Kami ingin, masyarakat tidak hanya menjadi penonton dalam setiap investasi. Tugas kita bersama untuk mencerdaskan masyarakat dengan berlandaskan agama atau ke-Islaman," ungkap Handi Andrian.

Oleh sebab itulah, PT BEL mengedepankan program keagamaan dalam upaya meningkatkan kualitas masyarakat. Melalui beasiswa mengaji dan menggalakkan peringatan hari besar Islam dengan lomba-lomba di bidang agama, diharapkan kemajuan masyarakat tetap berlandaskan pada akhlak yang mulia.

"Harapan kami sederhana, perusahaan dapat berjalan dan masyarakat dapat sejahtera. Itulah arti keberadaan kami di Nagan Raya. Semoga ke depan, keharmonisan antara perusahaan dan pemerintah daerah serta masyarakat sekitar tetap terjalin baik. Dalam usia Nagan yang sudah 11 tahun ini, kami berharap Nagan dapat tumbuh dan berkembang menjadi daerah yang
makmur dan sejahtera dari berbagai sisi," kata Handi menambahkan.

Artikel Lainnya

Banda Aceh – PT Bara Energi Lestari pada Rabu, 1 Februari 2023 kembali...
Nagan Raya, BERITAMERDEKA.net - Tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ...
SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE – PT Bara Energi Lestari (BEL) bekerjasam...